Laman

Jumat, 30 September 2011

Perbedaan Morfologi Daun Dikotil & Monokotil

Daun pada Tumbuhan Monokotil dan Dikotil dapat dibedakan berdasarkan: Struktur Morfologi dan Anatomi.  Kali ini Kucing hanya akan membahas Struktur Morfologinya, atau dengan kata lain; Struktur yang dapat di amati menggunakan mata telanjang.

Struktur morfologi daun pada setiap jenis tumbuhan berbeda-beda. Oleh karena itu, struktur morfologi daun dapat digunakan untuk mengklasifikasikan jenis-jenis tumbuhan. Struktur daun dapat dilihat dari:
  1. Bentuk tulang daun.

  • Menyirip (dikotil)

Tulang daun jenis ini memiliki susunan seperti sirip-sirip ikan. Contoh tumbuhan yang memiliki jenis tulang seperti ini adalah tulang daun jambu, mangga, dan rambutan.

Daun Mangga


  • Menjari (dikotil)

Tulang daun menjari bentuknya seperti jari-jari tangan manusia. Misalnya, tulang daun pepaya, jarak, ketela pohon, dan kapas.



  • Melengkung (monokotil)

Tulang daun melengkung berbentuk seperti garis-garis melengkung. Tulang daun jenis ini dapat kita temukan pada berbagai tumbuhan di lingkungan sekitar kita. Misalnya, tulang daun sirih, gadung, dan genjer.

Anturium


  • Sejajar (monokotil)

Tulang daun sejajar berbentuk seperti garis-garis sejajar. Tiap-tiap ujung tulang daun menyatu. Misalnya, tulang daun tebu, padi, dan semua jenis rumput-rumputan.

Rumput

1 komentar: